cover
Contact Name
Khaeroni
Contact Email
khaeroni@uinbanten.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
gut.windarsih@uinbanten.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
ISSN : 20861362     EISSN : 26232685     DOI : -
Core Subject : Education,
ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April 2014.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 01 (2013): Januari-Juni 2013" : 4 Documents clear
Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Mimi Hariyani
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 5 No 01 (2013): Januari-Juni 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nowadays, learning mathematics is still separated with Islamic religious education. Yet at the latest in madrasah curricu-lum requires the integration of Islamic values ​​in each subject. Integration of Islamic values ​​in the learning of mathematics itself is often considered difficult because teachers have not been accustomed to apply it. Actually, integrating Islamic values ​​into learning math is not difficult, it can be done in various ways such as: always mention the name of Allah, the use of the term, visual illustrations, or examples of applications, insert the relevant verse or hadith, search history, network topics, symbols kauniah verses
Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran IPA Asep Saefurohman
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 5 No 01 (2013): Januari-Juni 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan IPA selama ini lebih banyak berlangsung secara teks book, hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi tidak ber-makna, peserta didik tercerabut dari kehidupan nyata, dan pada akhirnya pendidikan tidak mampu memberikan bekal keterampilan proses sains kepada peserta didik. Pendekatan STM menghajatkan agar pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas senantiasa bersesuaian dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat. Sesuai dengan objek kajian IPA yaitu segala fenomena alam, maka semestinya pendidikan IPA dengan menggunakan pendekatan STM diharapkan mampu membekali peserta didik dengan keterampilan proses sains
Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Untuk Teman Sebaya Dengan Metode Contextual Teaching And Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sahliah Sahliah; Uyu Mu’awwanah
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 5 No 01 (2013): Januari-Juni 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia diarah-kan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri melalui bahasa tulisan yakni menulis surat. Menulis surat merupakan keterampilan yang membutuhkan kompetensi yang komplek yakni memadukan kemampuan menu-angkan ide dan kemampuan menggunakan bahasa yang benar. Oleh karenanya penulisan surat harus mengikuti aturan-aturan yang ada yaitu memperhatikan unsur-unsur surat, menggunakan bahasa yang baik dan benar, meletakkan tanda baca dengan benar. Hal ini bertujuan agar surat menjadi bermakna dan mudah dimengerti oleh pembaca. Untuk itu pembelajaran dengan meng-gunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) diharap-kan dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran dan siswa harus sering dilatih kemampuan menulis suratnya agar mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya terutama dengan teman sebayanya. Hasil dari studi ini sebagai berikut: 1) Setelah mengguna-kan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Menulis Surat untuk Teman Sebaya, siswa lebih tertarik, aktif dan suasana belajar lebih efektif sehingga pembe-lajaran pun lebih menarik, menyenangkan 2) Penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan pembelajaran siswa kelas IV pada pokok bahasan Menulis Surat untuk Teman Sebaya, dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pra siklus (51,76), siklus I (66,17), siklus II (80,29) dengan ketuntasan belajar siswa 100%. Hal ini karena siswa menerapkan metode CTL dengan baik dan siswa aktif dalam pembelajaran sehingga hasil yang diharapkan tercapai secara optimal
Teknik Evaluasi Non Tes di MI Elan Elan; Supardi Supardi
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 5 No 01 (2013): Januari-Juni 2013
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Measure activity, assess, and evaluate it is important in education. This is not independent because it is a cycle of activities required to determine the extent of educational achievement has been accomplished. For example in the evaluation of student lear-ning outcomes assessment, the measurement and assessment activities is the first step in the evaluation process. Activity mea-surements made are usually stated in various forms of tests and this is the most widely used. However, the test is not the only tool in the process of measurement, assessment, and evaluation of education because there are other techniques that technique non tes. Non-test technique is usually done by way of interviews, dis-tributing questionnaires, observations, performance, project work, a biography. In the evaluation of learning outcomes assess-ment, this technique is usually used to measure the affective and psychomotor domains, whereas the test technique used to mea-sure the cognitive domain

Page 1 of 1 | Total Record : 4